Pengalaman Mengikuti Sumatera Accounting Competition 2018 di Fekon UNRI - Filotansi

Breaking

Filotansi

Blog yang berisi informasi tentang akuntansi

Sabtu, 10 Februari 2018

Pengalaman Mengikuti Sumatera Accounting Competition 2018 di Fekon UNRI

Pengalaman Saya Mengikuti SAC 2018


Yoshhh...... minna-san, kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam mengikuti SAC 2018 di Fekon UNRI. Ngomong-ngomong kalian dah tau gak sih apa kepanjangan dari SAC???.

Yapp... SAC adalah  singkatan dari Sumatera Accounting Competition. Event ini diadakan pada tanggal 1-3 Februari 2018. Event ini secara rutin dilaksanakan tiap 1 tahun sekali. Cabang lomba yang di lombakan, diantaranya: Olimpiade akuntansi, ranking 1, akuntansi pintar, entrepreneur muda, lomba mading, dan lain-lain.

Pengalaman Mengikuti SAC 2018
Gambar event SAC 2018


Nahh... dalam event SAC 2018 ini, saya dan teman-teman saya mengikuti olimpiade akuntansi. Setiap tim berisi 3 orang. Setiap sekolah boleh mengirim 2 tim/sekolah. Pada saat  itu, sekolah saya mengirim 2 tim untuk mengikuti olimpiade akuntansi. Tim 1 kelas XII dan Tim 2 kelas XI. Saya  berada di Tim 2. 

Sebelum event ini dimulai, biasanya panitia event akan mengedarkan sebuah buku petunjuk kepada sekolah-sekolah tingkat SMA Sederajat. Di dalam buku petunjuk itu terdapat beberapa peraturan mengenai lomba yang diadakan. Saya terkejut, olimpiade akuntansi ini lumayan sulit.

Gimana tidak kisi-kisi yang tertera terdapat sekitar 30 kisi-kisi, soal 60% akuntansi dan 40% ekonomi ditambah pula ada soal berbahasa inggris 30%. Saya pribadi pun bahasa inggrisnya masih pas-pasan. Hadeeehhh....

Pada hari pertama event, setiap peserta olimpiade akuntansi harus mengerjakan 100 soal wajib dalam waktu lebih kurang 2 jam. Soalnya pun cukup rumit, air mata saya hampir tumpah disebabkan rumitnya soal yang harus dikerjakan.

Dalam tahap pertama ini, jika kita benar menjawab 1 soal maka kita mendapatkan 4 poin, jika kita salah maka akan dikurangi 1 poin, dan jika tidak menjawab maka tidak mendapat apa-apa.

Setelah selesai waktu 2 jam. Tim yang diambil pada tahap ini adalah 25 tim. Saya keluar dari ruangan dengan penuh cemas bagaimana pengumuman tahap pertama ini besok. Saya selalu berdoa agar bisa diloloskan pada tahap pertama ini.

Pada hari kedua event, sekitaran pukul 07:30, ditempellah selembaran kertas yang berisi pengumuman tim yang lolos pada tahap pertama.

Tak kusangka, tim saya masuk tahap kedua bersama tim kelas XII. Bagaimana yang tidak lolos?? Peserta diperbolehkan pulang.

Pada tahap kedua ini, setiap tim mengerjakan 2 siklus  akuntansi dan 1 soal ekonomi dalam waktu 3 jam. Boleh dibagi-bagi boleh juga bekerja sama mengerjakannya. Saya mendapatkan bagian siklus akuntansi dari jurnal penyesuaian sampai neraca saldo setelah penutupan.

Waktupun habis dan saya masih sampai jurnal penutup. Yahh.. apa boleh buat. Tim yang diambil pada tahap ini adalah 9 tim.

Pada hari ketiga event, sekitaran pukul 08:00, ditempellah selembaran kertas yang berisi pengumuman 9 tim yang lolos pada tahap kedua.

Kedua tim dari sekolah saya lolos dan masuk ke tahap semi final yaitu cerdas cermat. Pada tahap kali ini, setiap perwakilan tim akan maju ke depan meja juri untuk mengambil nomor undian.

Perwakilan tim saya adalah saya sendiri dan mendapat urutan nomor 7 dan otomatis mendapatkan sesi ke 3.

Saat sesi ke 3 dimulai, saya kembali maju ke meja juri untuk mengambil nomor soal. Saya mengambil nomor soal ke 7. Dari 10 soal yang dibacakan, tim saya hanya bisa menjawab 3 pertanyaan saking sulitnya soal.

Setelah melalui sesi rebutan, tim saya kalah dengan poin 400-an. Tim lainnya mendapatkan poin sekitar 900-an dan 1500-an. Otomatis tim  saya kalah pada tahap semi final ini. Tapi, hal ini tidak berlaku pada tim kelas XII.

Mereka mampu lolos sampai ke final dan akhirnya mendapatkan juara III.Setelah semuanya selesai, kamipun berfoto bersama. Kamipun langsung pulang naik busway sampai di rumah masing-masing sekitaran ba'da maghrib.

Sekianlah pengalaman saya pada SAC 2018. Insyaallah tahun depan akan ada SAC 2019 dan mungkin lebih seru lagi dan lebih hebat lagi dari pada sebelumnya. Mudah-mudahan artikel saya ini bermanfaat bagi para pembaca. Nantikan artikel selanjutnya yah..... :D (Baca juga : Sejarah, Pengertian, Tujuan dan Fungsi Akuntansi dan Pemakai Informasi Akuntansi dan Bidang Spesialisasi Akuntansi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar