Sejarah Awal Lengkap, Pengertian Umum, Tujuan dan Fungsi Akuntansi Terlengkap - Filotansi

Breaking

Filotansi

Blog yang berisi informasi tentang akuntansi

Kamis, 08 Februari 2018

Sejarah Awal Lengkap, Pengertian Umum, Tujuan dan Fungsi Akuntansi Terlengkap

Dewasa ini, semua jenis perusahaan pasti memerlukan apa itu "akuntansi". Tanpa itu, bisa dibilang perusahaan itu lambat laun akan hancur dengan sendirinya, Perusahaan tersebut tidak tahu keuangannya seperti apa, berapa aset yang dimilikinya, berapa pajak yang harus dibayar kepada pemerintah dan lain - lain.

Sejarah Awal, Pengertian, Tujuan dan Fungsi Akuntansi
Contoh pengerjaan di bidang akuntansi
Maka dari itu, akuntansi ini sangat penting bagi setiap perusahaan. Biasanya perusahaan memiliki 1 - 2 orang pekerja yang bergerak dalam bidang akuntansi. Tapi sekarang ini, banyak yang masih bingung akuntansi itu apa? sejarah akuntansi itu seperti apa? tujuan dan fungsi akuntansi itu apa?. Yoshhh.... kali ini saya akan membahas seputar sejarah, pengertian, tujuan dan fungsi akuntansi di bawah ini. Selamat membaca :D

1. Sejarah Akuntansi


Pada tahun 1494 di Italia, Luca Pacioli memublikasikan buku yang berjudul Summa de Aritmatica, Geometrica Proportioni et Proportionality. Dalam buku tersebut, terdapat subjudul “Tractus de Computies et Scriptoris” yang mengajarkan sistem pembukuan berpasangan. Subjudul inilah yang menjadi cikal bakal munculnya akuntansi.

Pengertian Sistem berpasangan adalah sistem pencatatan semua transaksi ke dalam dua bagian yakni debet dan kredit. Kedua bagian ini diatur sedemikian rupa agar selalu seimbang. Dari sistem ini maka menghasilkan pembukuan yang sistematis dan laporan keuangan yang terpadu karena bisa menggambarkan tentang laba rugi, kekayaan serta hak pemilik perusahaan.

Hasil karya Luca Pacioli ini menyebar ke Eropa Barat dan dikembangkan oleh pengarang-pengarang baru. Sehingga timbullah beberapa sistem, yang namanya disesuaikan dengan nama negaranya masing - masing, contohnya sistem Belanda, sistem Amerika (Anglo Saxon), dan sebagainya.

Di Indonesia, perkembangan akuntansi mulai tampak setelah undang undang tentang tanam paksa dihapuskan pada tahun 1870 sehingga kaum pengusaha swasta banyak bermunculan untuk menanamkan modalnya. Dengan demikian, kebutuhan dunia usaha terhadap akuntansi tumbuh pula dan berkembanglah sistem Belanda.

Setelah Indonesia merdeka dan mendapat pengakuan dari Belanda, mulailah putra - putri Indonesia dikirim ke luar negeri (Amerika Serikat) untuk memperdalam ilmu akuntansi.

Pada tahun 1952 dibuka Jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang kemudian diikuti ileh perguruan tinggi negeri yang lain. Mulai tahun 1952 itulah akuntansi sistem Belanda bergeser ke sistem Anglo Saxon Amerika Serikat.

Untuk mengembangkan akuntansi, pada tahun 1957 berdiri organisasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Namun, baru tahun 1967 dengan dibukanya penanaman modal asing, akuntansi di Indonesia berkembang pesat. Jasa besar IAI adalah penyusunan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) 1996 sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan di Indonesia.

(Baca juga: Pengalaman Saya Mengikuti SAC 2018 di UNRI)

2. Pengertian Akuntansi


a. Menurut American Accounting Association (AAA) 

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi/mengenali, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

In English :

Accounting is the process of identifying, measuring and communicating economic information to permit information judgement and decision by users of the information.

b. Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi - transaksi dan kejadian - kejadian yang setidak - tidaknyabersifat finansial dan penafsiran hasil - hasilnya.

In English :

Accounting is the art of recording, classifying and summarizing in a significant manner and in terms of money, transaction and events which are, in part at least, of financial character, and interpreting the results there of.

c. Menurut Warren dkk.

Secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

In English :

In general, accounting can be defined as an information system that generates reports to interested parties regarding economic activity and company conditions.

Saran sedikit dari saya, bagi yang mau ujian atau ada olimpiade tentang akuntansi. Sebaiknya, ketiga pengertian akuntansi yang saya jabarkan di atas dihafal. Kemungkinan besar salah satu dari ketiga pengertian tersebut. Soalnya, saya selalu jumpa di beberapa olimpiade akuntansi yang saya ikuti.

3. Tujuan Akuntansi


  • Untuk menyediakan informasi keuangan yang akurat sehingga dapat disusun rencana kerja yang baik untuk pelaksanaan kegiatan tahap berikutnya.
  • Untuk menyediakan informasi keuangan yang akurat sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bagi pihak yang memerlukannya.
  • Untuk menyediakan informasi yang keuangan akurat dan dapat dipercaya tentang suatu perubahan sumber ekonomi suatu perusahaan yang timbul dari kegiatan ekonomi guna mendapatkan keuntungan (laba).

4. Fungsi Akuntansi


Berdasarkan tujuan akuntansi tersebut, fungsi akuntansi yang utama adalah sebagai informasi keuangan sebuah entitas. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer/manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Demikian artikel yang saya buat, insyaallah dapat menambah pengetahuan kita tentang akuntansi dan insyaallah blog selanjutnya saya akan membahas tentang " Pemakai Informasi Akuntansi " dan " Bidang Spesialisasi Akuntansi ". Nantikan artikel selanjutnya yahh.... :D





2 komentar:

  1. wahhh begitu toh, sesuai judul memang lengkap :), . Nice info gan (y)

    BalasHapus